Kamis, 02 Desember 2010

6. Karl Albrecht

Karl Hans Albrecht (lahir 20 Februari 1920) adalah seorang pengusaha Jerman yang mendirikan supermarket diskon rantai Aldi bersama saudaranya Theo. Dia adalah salah satu orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih diperkirakan pada tahun 2010 sebesar $ 23500000000 menurut Forbes, yang menempati peringkat 10 di tahun 2010 dia daftar kaya dunia. Albrecht adalah orang terkaya di Jerman.

Biografi

Karl dan Theo Albrecht dibesarkan dalam keadaan sederhana di Essen, Jerman. Ayah mereka bekerja sebagai penambang dan kemudian sebagai asisten tukang roti. Ibu mereka memiliki toko kelontong kecil di kuartal pekerja dari Schonnebeck, pinggiran kota Essen. Theo menyelesaikan magang di toko ibunya, sementara Karl bekerja di toko toko makanan. Karl juga bertugas di Angkatan Darat Jerman selama Perang Dunia II. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, saudara mengambil alih bisnis ibu mereka (1946). Yang pertama Aldi (Albrecht-Discount) dibuka pada tahun 1961.
operasi Aldi kemudian dibagi antara saudara-saudara, dengan Karl mengambil kendali dari Aldi Süd lebih menguntungkan (Selatan), dan Theo mengelola Aldi Nord (Utara).
Karena Karl Albrecht telah menarik diri dari kehidupan publik, sedikit yang diketahui tentang dia. Majalah Forbes melaporkan bahwa ia memiliki dua anak, tak satu pun dipekerjakan oleh Aldi. Dia dilaporkan tinggal di Essen, seperti yang dilakukan Theo saudaranya sampai kematiannya. Dia adalah penggemar golf, dan bermain di lapangan golf pribadinya, yang Öschberghof, yang dibangun pada tahun 1976. Dia juga menimbulkan anggrek. Hal ini dikabarkan bahwa ia mengumpulkan mesin tik antik.
Pada tahun 1994, Karl Albrecht dihapus diri dari kegiatan operasional harian Aldi Süd dan mengambil posisi ketua dewan. Pada awal tahun 2002, ia juga melepaskan posisi ini, sehingga benar-benar ceding kontrol yang kuat. Hari ini, bisnis tidak lagi dijalankan oleh salah satu anggota keluarga Karl Albrecht's.


sumber: wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar