Kamis, 02 Desember 2010

4. Lawrence Ellison


Lawrence Joseph "Larry" Ellison (lahir 17 Agustus 1944) adalah seorang tokoh bisnis Amerika, pendiri dan CEO Oracle Corporation, sebuah perusahaan perusahaan besar perangkat lunak. Pada 2010 ia adalah orang terkaya keenam di dunia, dengan kekayaan pribadi sebesar $ 27 milyar. 

Kehidupan awal.
Larry Ellison lahir di New York City ke Florence Spellman, seorang ibu 19 tahun Yahudi menikah. Atas permintaan ibunya, ia diberikan kepada bibi ibunya dan pamannya di Chicago untuk meningkatkan. Lillian Spellman Ellison dan Louis Ellison diadopsi ketika dia berumur sembilan bulan. Ellison tidak belajar nama ibunya atau bertemu dengannya sampai ia 48;. Identitas ayahnya tidak diketahui [rujukan?]
Ellison lulus dari Eugene Lapangan SD pada sisi utara Chicago pada bulan Januari, 1958 dan dihadiri Sullivan High School setidaknya sampai musim gugur tahun 1959 sebelum pindah ke South Shore.
Ellison dibesarkan di sebuah apartemen dua kamar tidur di Chicago's lingkungan Pantai Selatan Yahudi kelas menengah. Ellison ingat ibu angkatnya sebagai hangat dan penuh kasih, berbeda dengan keras, yang tidak mendukung, dan sering jauh ayah angkatnya, seorang Yahudi Rusia dari Krimea yang mengadopsi nama Ellison untuk menghormati pendapatnya masuk ke Amerika Serikat, Ellis Island. Louis, ayah angkatnya, adalah seorang pegawai pemerintah sederhana yang telah membuat sebuah keberuntungan kecil di Chicago real estat, hanya untuk kehilangan selama Depresi Besar. [3]
Ellison adalah seorang mahasiswa cerah namun lalai. Dia meninggalkan University of Illinois di Urbana-Champaign pada akhir tahun kedua, setelah tidak mengambil ujian akhir angkatnya karena ibunya baru saja meninggal. Setelah menghabiskan musim panas di California Utara, di mana ia tinggal dengan temannya Chuck Weiss, ia menghadiri University of Chicago selama satu periode, di mana ia pertama kali bertemu merancang komputer. Pada tahun 1964, pada usia 20 tahun, ia pindah ke California utara permanen.


Karir  
Larry Ellison mengajar di OpenWorld Oracle, San Francisco 2010
Selama tahun 1970, Ellison bekerja untuk Ampex Corporation. Salah satu proyeknya adalah database untuk CIA, yang ia beri nama "Oracle".
Ellison terinspirasi oleh makalah yang ditulis oleh Edgar F. Codd pada sistem database relasional disebut "A Relational Model Data Besar Shared Data Bank". [4] Ia mendirikan Oracle tahun 1977, memasang hanya $ 1400 dari uangnya sendiri, di bawah nama Software Development Laboratories (SDL). Pada tahun 1979, perusahaan ini berganti nama menjadi Relational Software Inc, kemudian berganti nama menjadi Oracle setelah produk unggulan database Oracle. Dia telah mendengar tentang database IBM System R, juga didasarkan pada teori Codd, dan Oracle ingin agar kompatibel dengan itu, tetapi IBM membuat hal ini mustahil dengan menolak untuk berbagi kode Sistem R. Rilis awal dari Oracle adalah Oracle 2; tidak ada Oracle 1. Nomor rilis ini dimaksudkan untuk menyiratkan bahwa semua bug telah bekerja dari versi sebelumnya. Wiki letter w cropped.svg Bagian ini membutuhkan ekspansi.
Pada tahun 1990, Oracle PHK 10% (sekitar 400 orang) tenaga kerja yang karena ketidakcocokan antara kas dan pendapatan. Krisis, yang hampir menyebabkan kebangkrutan Oracle, terjadi karena Oracle strategi "up-front" pemasaran, di mana orang-orang penjualan mendesak pelanggan potensial untuk membeli sebanyak mungkin terbesar perangkat lunak sekaligus. Orang-orang penjualan kemudian membukukan nilai penjualan lisensi masa depan dalam kuartal saat ini, sehingga meningkatkan bonus mereka. Hal ini menjadi masalah ketika penjualan masa depan kemudian gagal terwujud. Oracle akhirnya harus menyatakan kembali pendapatannya dua kali, dan juga untuk menyelesaikan di luar pengadilan gugatan class action yang timbul dari perusahaan memiliki terlalu dibesar-besarkan pendapatannya. Ellison kemudian akan mengatakan bahwa Oracle telah membuat "sebuah kesalahan bisnis yang luar biasa."
Meskipun IBM mendominasi pasar mainframe database relasional dengan DB2 dan / SQL DS produk database, tertunda memasuki pasar untuk database relasional pada UNIX dan sistem operasi Windows. Hal ini kiri pintu terbuka untuk Sybase, Oracle, dan Informix (dan akhirnya Microsoft) untuk mendominasi sistem mid-range dan mikrokomputer.
Pada saat ini, Oracle Sybase tertinggal. Pada 1990-1993, Sybase merupakan perusahaan database paling cepat berkembang dan vendor Sayang industri database, tetapi segera jatuh korban mania penggabungan usaha. Sybase 1993 merger dengan Powersoft mengakibatkan hilangnya fokus pada teknologi database inti. Pada tahun 1993, Sybase menjual hak ke perangkat lunak database yang berjalan dibawah sistem operasi Windows untuk Microsoft Corporation, yang kini pasar di bawah nama "SQL Server."
Pada tahun 1994, Informix Software menyalip Sybase dan menjadi saingan Oracle paling penting. Perang intens antara Informix CEO Phil Putih dan Ellison adalah halaman Silicon Valley depan berita selama tiga tahun. Pada bulan April, 1997, Informix mengumumkan kekurangan pendapatan besar dan penyajian kembali laba; Phil Putih akhirnya mendarat di penjara, dan Informix diserap oleh IBM pada tahun 2000. Juga pada tahun 1997, Ellison dibuat seorang direktur dari Apple Computer setelah Steve Jobs kembali ke perusahaan. Ellison mengundurkan diri pada tahun 2002, mengatakan bahwa ia tidak punya waktu untuk menghadiri rapat perlu formal direksi. [5]
Setelah Informix dan Sybase dikalahkan, Oracle menikmati tahun dominasi industri sampai munculnya Microsoft SQL Server dengan perolehan 90an dan akhir IBM Informix Software pada tahun 2001 untuk melengkapi database DB2 mereka. Hari ini kompetisi utama Oracle untuk lisensi database baru pada UNIX, Linux, dan sistem operasi Windows adalah dengan DB2 IBM, open source database MySQL, dan dengan Microsoft SQL Server (yang hanya berjalan pada Windows). DB2 IBM masih mendominasi pasar database mainframe.
Pada bulan April 2009, Oracle mengumumkan keinginannya untuk membeli Sun Microsystems setelah tarik tambang dengan IBM dan Hewlett-Packard [6] Uni Eropa menyetujui akuisisi oleh Oracle dari Sun Microsystems pada tanggal 21 Januari 2010 dan sepakat bahwa. "Akuisisi Oracle Sun memiliki potensi untuk merevitalisasi aset penting dan menciptakan produk baru dan inovatif ". [7]
Pada tanggal 9 Agustus 2010, Ellison mencela papan Hewlett-Packard untuk menembak CEO Mark Hurd, menulis: "Dewan HP hanya membuat keputusan personil terburuk sejak idiot di papan Apple Steve Jobs dipecat beberapa tahun lalu." Ellison dan Hurd dekat teman pribadi -. Hurd sering bermain tenis di rumah Ellison [8] Kemudian pada tanggal 6 September Oracle menyewa Mark Hurd dan membuatnya Co-Presiden bersama Safra A. Catz. Ellison mempertahankan posisi CEO. [9]
Ellison memiliki saham di Salesforce.com, NetSuite, Quark Bioteknologi dan SuperGen Inc.


sumber: wikipedia


Lawrence Ellison
-Kebiasaan Menekuni Hobi-
"Saya tertarik pada matematika dan sains karena saya bagus di situ. Saya kira orang cenderung senang mengerjakan sesuatu kalau ia hebat di bidangnya dan tak suka mengerjakannya karena ia kurang ahli di bidangnya itu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar