Kamis, 02 Desember 2010

5. Ingvar Kamprad




Ingvar Feodor Kamprad: lahir 30 Maret 1926 adalah seorang tokoh bisnis dan Swedia pendiri IKEA, sebuah perusahaan (khusus) ritel. Pada 2010 [update], ia adalah orang terkaya kesebelas di dunia, menurut majalah Forbes, dengan kekayaan bersih diperkirakan sekitar US $ 23 miliar pada 2010.

Kehidupan awal
Ingvar Kamprad lahir di Pjätteryd di Älmhult Kota dan dibesarkan di peternakan yang disebut Elmtaryd (sekarang dieja Älmtaryd), dekat desa kecil Agunnaryd di Ljungby Kota di provinsi Småland, Swedia.
Dia adalah generasi kedua Jerman dari Swedia, kakeknya setelah pertama kali pindah keluarga ke Swedia.[Sunting] 


Karir
Kamprad mulai mengembangkan bisnis sebagai seorang anak muda, menjual cocok untuk tetangga dari sepedanya. Ia menemukan bahwa ia bisa membeli korek api dalam jumlah besar sangat murah dari Stockholm, menjualnya secara individu dengan harga murah, dan masih menghasilkan keuntungan yang baik. Dari pertandingan, ia diperluas untuk menjual ikan, dekorasi pohon Natal, biji, dan kemudian ballpoint pena dan pensil. Ketika Kamprad adalah 17, ayahnya memberinya hadiah uang tunai untuk berhasil dalam studi [4] Ia menggunakan uang tersebut untuk menetapkan apa yang telah tumbuh menjadi IKEA..
IKEA adalah singkatan terdiri dari inisial nama (Ingvar Kamprad) ditambah orang-orang dari Elmtaryd, pertanian keluarga tempat ia dilahirkan, dan desa Agunnaryd dekatnya.
Kamprad telah tinggal di Epalinges, Swiss sejak tahun 1976. Menurut sebuah wawancara dengan TSR, penyiar TV bahasa Perancis Swiss, Kamprad mengendarai Volvo 15 tahun 240, lalat hanya kelas ekonomi, dan mendorong IKEA karyawan untuk selalu menulis di kedua sisi kertas. [5] Selain itu, Kamprad telah dikenal untuk mengunjungi IKEA untuk "makan murah." Ia juga dikenal untuk membeli kertas Natal dan menyajikan dalam penjualan pasca-Natal. Sementara berhemat Kamprad adalah didokumentasikan dengan baik, itu juga merupakan bagian penting dari gambar dengan hati-hati berhasil IKEA disajikan kepada karyawan dan masyarakat umum. Dia kurang sering menyebutkan bahwa ia memiliki sebuah vila di bagian kelas atas dari Swiss, sebuah kawasan negara besar di Swedia, dan kebun anggur di Provence, Perancis, atau bahwa ia mengendarai Porsche selama beberapa tahun.


sumber: wikipedia

Kebiasaan Mencoba dan tak takut gagal
"Hanya Orang yang sedang tidur yang tak membuat kesalahan"
-Ingvar Kampard-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar