Kamis, 02 Desember 2010

10. Amancio Ortega

Amancio Ortega Gaona (lahir 28 Maret 1936, Busdongo de Arbas, León) adalah pengusaha fashion Spanyol. Peringkat oleh Forbes sebagai orang terkaya Spanyol; 2 orang Terkaya di Eropa, dan 9 orang terkaya di Dunia pada tahun 2010. Dia adalah pendiri, dengan kemudian istrinya Rosalia Mera, dan ketua Grup Inditex. Dia saat ini tinggal bersama istri keduanya di sebuah gedung apartemen di pusat bijaksana A Coruña (Corunna).
Ortega tiba di A Coruña, Spanyol, pada usia 14, karena tugas ayahnya, seorang pekerja kereta api. Mulai sebagai pesuruh di toko-toko baju berbagai di A Coruña, Galicia, pada tahun 1972 ia mendirikan Confecciones Goa (inisial di reverse), yang membuat jubah mandi. Pada tahun 1975 ia membuka toko pertama dalam apa yang akan tumbuh menjadi rantai sangat populer disebut toko fashion Zara. Dia memiliki 59,29% dari kelompok Inditex (Industrias de Diseño Textil Sociedad Anónima) yang meliputi merek Zara, Massimo Dutti, Oysho, Zara Home, Kiddy's Class, Tempe, Stradivarius, Pull and Bear / Sering dan Bershka dan memiliki lebih dari 14.000 karyawan .
Ortega menyimpan profil yang sangat rendah dan ada praktis tidak ada foto dia (kecuali dari satu foto dipublikasikan di website Inditex). Ia menolak untuk memakai dasi, dan suka berpakaian dalam jeans biru dan T-shirt. Dia dikatakan mengambil bagian yang sangat aktif dalam proses produksi dan desain dalam perusahaan.
Ketika dia membuat penampilan publik pada tahun 2000 - sebagai bagian dari-pemanasan sebelum mengambang perusahaannya di pasar saham pada tahun 2001 - itu menjadi berita utama di media keuangan Spanyol. Namun, ia belum pernah memberi wawancara, dan kerahasiaan itu telah menyebabkan publikasi buku seperti Amancio Ortega: DE Cero A ZARA (Dari Zero ke Zara).


sumber:

wikipedia
 
Kebiasaan: perhatian
"Sejak kecil bekerja sebagai pengatar
pakaian dari tukang jahit, dia tahu memperhatikan pelanggan itu penting"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar